Teori Pembelajaran Gagne



Kontribusi terbesar dari teori Instuksional yang dikembangkan Gagne adalah mendesain pelatihan berbasis computer dan belajar berbasis multimedia. Teori Gagne banyak dipakai untuk mendesain software instruksional (program-program berupa drill,tutorial atau simulasi).
Terdapat sembilan instruksional yang dikembangkan Gagne, yaitu:
1)      Gaining Attantion = mendapatkan perhatian.
2)      Inform Learner of Objectives = menginformasikan siswa mengenai tujuan yang
akan dicapai.
3)      Stimulate recall of prerequisite learning = stimulasi kemampuan dasar siswa untuk persiapan belajar.
4)      Present new material = penyajian materi baru.
5)      Provide guidance = menyediakan pembimbingan.
6)      Elicit performace = memunculkan tindakan.
7)      Provide feedback about correctness = siap memberikan umpan balik langsung terhadap hasil yang baik.
8)      Assess performance = menilai hasil belajar yang ditunjukkan.
9)      Enhance retention and recall = meningkatkan proses penyimpanan memori dan mengingat.

Gagne disebut sebagai modern neobehaviourist yaitu sebuah pembelajaran untuk mendoring guru dalam merencanakan intruksional dalam kegiatan belajar mengajar agar suasana dan gaya belajar dapat dimodivikasi. Keterampilan paling rendah menjadi dasar bagi pembentukan kemampuan yang lebih tinggi dalam hirarki keterampilan intelektual. Teori yang dikembangkan Gagne mengharuskan guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang harus disiapkan. Belajar dimulai dari hal yang paling sederhana (belajar signal) dilanjutkan pada yang lebih kompleks (belajar S-R, rangkaian S-Rm asosiasi verbal, diskriminasi dan belajar konsep) sampai pada tipe belajar yang lebih tinggi (belajar aturan dan pemecahan masalah). Prakteknya gaya belajar tersebut tetap mengacu kepada asosiasi stimulus respon.


 
Real Time Analytics