Tujuan Pendidikan Jasmani

Tujuan  pendidikan  jasmani  dalam  Badan  Standar  Nasional
pendidikan SMA  (2006:648-649), pendidikan  jasmani,  olahraga,  dan
kesehatan  bertujuan  agar  peserta didik  memiliki kemampuan  sebagai
berikut:
a.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
b. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
d. Meletakkan landasan karakter moral  yang kuat  melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung didalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
e. Mengembangkan  sikap sportif,  jujur,  disiplin,  bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis.
f. Mengembangkan keterampilan  untuk  menjaga keselamatan  diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
g. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih  sebagai  informasi  untuk  mencapai  pertunbuhan  fisik  yang sempurna,  pola  hidup  sehat  dan  kebugaran,  terampil,  serta memiliki sikap yang sportif.

Secara garis  besar  tujuan  pendidikan  jasmani  terdiri  dari  4  ranah yaitu:  (1) jasmani,  (2) psikomotor,  (3) afektif,  (4) kognitiv.  (Sukintaka, 2001:16).  Berpijak  pada tujuan pendidikan  jasmani  tersebut  maka dapat diketahui  bahwa  secara umum pendidikan  jasmani  bermuara pada peralihan sosok  pribadi yang adaptable dengan  lingkungannya. Dari beberapa teori diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, dilihat tujuannya, maka dalam  pelaksanaan  aktivitas  fisik  dan  mental  sama-sama  diutamakan walaupun aktivitas fisik akan tampak lebih dominan. Dalam pelaksanaan,

pendidikan  jasmani memiliki tujuan  dan  fungsi tidak  hanya menumbuh kembangkan  siswa dari satu  aspek  saja  yaitu  fisik,  namun  pendidikan jasmani  juga menumbuhkan  aspek-aspek  yang  lain  seperti  psikomotor, afektif, dan kognitif secara menyeluruh, selaras dan seimbang



 
Real Time Analytics