Cara Mengembangkan Kecepatan Lari

Menurut  Sukadiyanto  (2002:  102-103),  menjelaskan  tentancara untuk mengembangkan kecepatan lari sebagai berikut:
1) Otot dipersiapkan dengan baik selama intensitas pemanasan yang intensif, pembuatan dan pengenduran otot-otot berlangsung kira- kira 30 menit.
2) Latihan-latihan kecepatan  dipraktekkan  dalam  permulaabagian utama suatu unit latihan, bila otot-otot belum mengalami kelelahan.
3) Intensitas maksimum dan submaksimum  harus ditetapkan. Latihan dengan intensitas tinggi memerlukan konsentrasi penuh dan semangat tinggi.
4) Volume berjumlah 10-16 pengulangan dalam 3-4 seri.

5) Jara antar pengulanga sampai    menit.   Sementara   jarak pemulihan antara seri-seri adalah lebih lama sampai 6 menit.
6) Interval  adalah  aktif.  Untuk  selalu  menjaga  organisme  dalam keadaan siap untuk mengikuti beban selanjutnya.
7) Kecepatan lari dapat dilatihkan setiap hari, bahkan untuk bukan pelari biasanya untuk yang bukan spesialis 2-3 unit latihan perminggu rata-ratanya dengan penekanan  pada kecepatan kiranya sudah cukup.
8) Dalam  struktur  latihan  tahunan.  Prinsip  peningkatan  kecepatan secara bertahap harus diikuti dengan tegas.
9) Cara-cara latihan yang  utama adalah pengulangan dan cara interval dan intensif.
Cara Mengembangkan Kecepatan Lari