Hakikat Kesulitan Belajar

Kesulitan belajar adalah suatu gejala yang nampak pada peserta didik yang ditandai dengan adanya prestasi belajar yang rendah atau dibawah norma yang telah ditetapkan, Sugihartono, dkk (2007: 148). Menurut Tijan, dkk (2000:
78) kesulitan belajar diartikan sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar.. Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, prestasi belajarnya lebih rendah bila dibandingkan dengan teman-temannya, atau prestasi belajar mereka lebih rendah bila dibandingkan dengan prestasi belajar sebelumnya.

Dalam proses pembelajaran akan menjumpai berbagai macam perilaku peserta didik. Ada yang aktif mengikuti pelajaran, sering bertanya, mencatat, rajin mengerjakan tugas, namun ada juga yang masa bodoh, meninggalkan, pelajaran, pasif tidak pernah bertanya, kalau ditanya diam saja, tidak pernah mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Kalau dicermati gejala-gejala tersebut sebetulnya menunjukkan hambatan atau kesulitan belajar yang diadapi oleh peserta didik. Selain kesulitan tersebut, juga dapat dipengaruhi oleh pengajar dan alat  serta  fasilitas  yang  digunakan.  Kesulitan  atau  hambatan  yang  dialami peserta didik dalam proses belajar akan mempengaruhi prestasi atau hasil belajar yang dicapai.