Manfaat Teknik Dribbling (Menggiring) dalam Sepakbola

Menurut    Sukatamsi    (2001:    21-22),    macam-macam    cara menggiring bola adalah sebagai berikut:
  1. Menggiring  bola  dengan  kura-kura  bagian  dalam  :  a)  Posisi  kaki menggiring  bola  sama  dengan  posisi  kaki  dalam  menendang  bola dengan kura-kura kaki bagian dalam, b) Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak diayunkan seperti teknik menendang bola, akan tetapi setiap langkah secara teratur menyentuh atau mendorong bola bergulir ke depan dan bola harus selalu dekat dengan kaki dengan demikian bola mudah dikuasai dan tidak mudah direbut oleh lawan, c) Pada saat menggiring bola lutut kedua kaki harus selalu sedikit ditekuk, dan pada waktu kaki menyentuh bola pandangan pada bola, kemudian melihat situasi di lapangan, melihat posisi lawan dan posisi teman.
  2. Menggiring   bola   dengan   kura-kura   kaki   penuh:   a)   Posisi   kaki menggiring  bola  sama  dengan  posisi  kaki  dalam  menendang  bola dengan kura-kura penuh, b) Setiap langkah secara teratur dengan kura- kura kaki penuh kaki kanan atau kaki kiri mendorong bola bergulir ke depan dan bola harus selalu dekat dengan kaki, c) Pada saat menggiring bola kedua lutut selalu  sedikit ditekuk, waktu kaki menyentuh bola pandangan pada bola, jangan melihat situasi lapangan, posisi lawan daposisi  teman.  Menggiring bola dengan  kura-kura penuh  ini,  pemain dapat membawa bola dengan cepat. Dari teknik ini hanya digunakan apabila di depan pemain terdapat daerah kosong atau bebas dan lawan, sehingga jarak untuk menggiring bola cukup jauh.
  3.   Menggiring  bola  dengan  kura-kura  kaki  bagian  luar  a)  Posisi  kaki menggiring bola sama dengan posisi kaki dalam posisi menendang bola dengan kura-kura kaki bagian luar, b) Setiap langkah secara teratur dengan kura-kura kaki bagian luar kaki kanan atau kaki kiri mendorong bola bergulir ke depan. dan bola harus selalu dekat dengan kaki, sesuai dengan irama lari, c) Pada saat menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk, waktu kaki menyentuh bola pandangan pada bola dan selanjutnya melihat situasi lawan dan posisi teman.
Manfaat Teknik Dribbling (Menggiring) dalam Sepakbola

Menurut Sukatamsi (2001: 20), kegunaan teknik menggiring bola antara lain: 1) Untuk melewati lawan, 2) Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat, dan 3) Untuk menahan bola agar tetap dalam penguasaan, menyelamatkan bola apabilatidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman.