Pengertian Renang


Renang adalah olahraga yang menyehatkan, sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat (Muhajir, 2004: 166). Renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air laut (Soekarno, 1984: 2). Didalam renang ada dua jenis gaya yang sering digunakan dalam berenang yaitu   gaya crawl dan gaya dada. Renang dapat lilakukan di kolam renang, sungai, laut dan lainnya, olahraga renang membutuhkan banyak energi atau tenaga tetapi olahraga ini bermanfaat bagi tubuh. Sebelum melakukan olahraga renang sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemanasan, supaya  tidak  terjadi  cidera.  Berenang  dipakai  sewaktu  bergerak  dari  satu tempat ke tempat lainnya di air, misalnya mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.
Jenis olahraga ini hanya dapat dilakukan di air sehingga dalam melakukannya diperlukan tempat yang ada airnya, jumlah volume airnya pun harus banyak dan tempat yang luas supaya bisa bergerak bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa renang merupakan olahraga yang di lakukan di air yang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Kegiatan renang ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dajuga olahraga  air.  Berenang  dipakai  sewaktu  bergerak  dari  satu  tempat  ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua anggota tubuh dipakai sewaktu berenang.