Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Bermain Bolabasket

Keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam melakukan suatu hal tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Keberhasilan seseorang tanpa bakat yang memadai dan sarana prasana yang ada adalah hal yang sia-sia. Akan tetapi bukan berarti bakat merupakan modal utama untuk beprestasi, seperti yang dikemukakan oleh Yunus (1992:120)  bahwa  bakat  bukan  merupakan  satu-satunya  penentuan  pencapaiaprestasi puncak. Faktor latihan sama pentingnya dengan faktor bakat, karena kedua  factor  tersebut  tidak  dapat  dipisahkan.  Adanya  bakat  yang  baik apabila  tidak  diitunjang  dengan  latihan  yang  rutin  maka  bakat  tersebut bukan tidak mungkin akan hilang dari dalam diri seseorang. Begitu juga dalam permainan bola basket, apabila seorang anak mememili bakat dalam bermain bolabasket maka akan lebih baik apabila bakat tersebut diasah melalui latihan sehingga dapat bermanfaat di kehidupan yang akan datang,
Menurut  Faruq (2009:  69),  dalam  permainan  bolabasket  ada dua faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan bermain bolabasket, yaitu faktor internal dan eksternal:
a. Faktor Internal
Merupakan faktor yang datang dari dalam diri siswa itu sendiri, antara lain: keadaan fisik siswa, bentuk dan fostur tubuh, tingkat kesegaran jasmani dan kekuatan otot.
b. Faktor Eksternal
Merupakan faktor yang datang dari luar siswa, yaitu: sarana dan prasarana, pelatih, keluarga, pembina (guru) serta lingkungan tempat tinggal.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Bermain Bolabasket


Faktor tersebut saling berkaitan tidak dapat dipisah-pisahkan karena keduanny memiliki   perana tersendiri   untu menunjang   pencapaian prestasi dalam permainan basket. Keterampilan teknik dasar permainan bolabasket akan dikuasai dengan baik apabila kedua faktor tersebut diperhatikan. Apabila kedua faktor tersebut dapat berjalan beriringan atau terpenuhi oleh seorang anak dapat mencapai tujuan dari permainan basket tersebut. Maka dari itu untuk mencapai keberhasilan dari permainan bola basket yang dilakukan sudah seharusnya memperhatikan faktor- faktor yang mempengaruhi tersebut.