Tahap Dalam Melakukan Taktik

Menurut Djoko Pekik Irianto (2002: 94) ada empat tahap cara dalam melakukan taktik, yakni:
a. Tahap Persepsi
Persepsi merupakan hasil pengamatan pada waktu pertandingan berlangsung. Persepsi memperluas konsentrasi pengamatan lawan dan tindakan-tindakan lain yang berhubungan dengan posisi dari pasangannya.
b. Tahap Analisis
Analisis dilakukan terhadap situasi-situasi gerakan yang diperoleh dari pengamatan pada tahap persepsi.Analisis yang benar merupakan syarat pemecahan yang berhasil terhadap pelaksanaan tugas bertaktikyang tepat. Hal tersebut bergantung kepada daya fikir, proses mental, maka seseorang atlet dituntut untuk memiliki intelegensi yang cukup.Sebab dalam waktu singkat harus mampu menganalisis situasi dan segera memecahkan masalah dalam pertandingan.
c. Tahap penyelesaian secara mental
Tahap ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan dan analisis terhadap situasi pertandingan. Tujuan mental solution adalah untuk menemukan cara pemecahan yang paling efisien, dengan memperhitungkan resiko yang terjadi.
d. Tahap penyelesain motoris
Pemecahan secara motorik merupakan langkah akhir dari tahapan melakukan taktik, keberhasilan tahap ini sangat ditentukan oleh keterampilan yang dimiliki atlet. Jika dalam tahap ini atlet gagal, maka yang bersangkutan segera
mengadakan evaluasi untuk selanjutnya melakukan tahap taktik pada situasi yang lain.