Fisiologi Daya Tahan Aerobik

Daya tahan pada banyak kegiatan fisik seperti lari jarak jauh, renang, bersepeda, dibatasi oleh kapasitas sistem sirkulasi (jantung, pembuluh darah, dan darah) dan sistem respirasi (paru) untuk menyampaikan oksigen ke otot – otot yang sedang bekerja dan mengangkut limbah kimia dari otot – otot tersebut. Tingkatan kapasitas sirkulasi dan respirasi yang membatasi unjuk kerja seseorang tergantung kepada banyak faktor, terutama intensitas dari suatu beban latihan, durasi suatu kegiatan, dan sejumlah otot – otot yang terlibat di dalam kontraksi statis (Junusul Hairy, 1989 : 176)

 

Junusul Hairy (1989 : 179) juga menyatakan bahwa pada waktu lari, berenang dan kegiatan daya tahan aerobik lainnya, otot yang sedang bekerja mempergunakan oksigen dengan kecepatan sepuluh sampai dua puluh kali lebih cepat dari pada waktu istirahat. Untuk mensuplai oksigen tambahan yang diperlukan, tubuh tidak hanya meningkatkan curah jantung saja, tetapi sirkulasi darah ke otot yang sedang bekerja, harus di tingkatkan secara dramatis. Penigkatan curah jantung untuk mengirimkan darah ke ototyang sedang bekerja, dengan merubah dua sistem pembuluh darah :  

a. Memperbesar pembuluh darah pada otot yang sedang bekerja

b. Mempersempit pembuluh darah untuk mengurangi aliran darah dan kemudian membiarkan pembuluh – pembuluh darah itu melebar agar aliran darah meningkat.

 

Pada tungkai yang sedang dalam keadaan istirahat, kecepatan aliran darah sekitar 5 mililiter darah per 100 gram otot per menit.jadi kalu otot gastrocnemius dengan berat 500 gram, maka darah yang mengalirinya sebanyak 25 mililiter per menit. Selama latihan siklik seperti lari, berenang, dan bersepeda, aliran darah pada otot gastrocnemius bsia meningkat sebanyak 15 kali, jadi kira – ira sampai 375 mililiter per menit (Lamb, di dalam Junusul Hairy, 1989:179).

 

Naiknya tekanan darah yang menyertai latihan, dihubungkan dengan beratnya beban, sehingga beban kerja yang lebih berat selalu dihubunngkan dengan tekanan darah yang lebih tinggi (Lamb, di dalam Junusul Hairy, 1989:179). Tekanan darah juga cenderung lebih tinggi pada orang yang lebih tua, yang biasanya juga memiliki tekanan darah istirahat yang lebih tinggi.