4 Ranah Tujuan Pendidikan Jasmani

Dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani, guru sebagai tenaga pendidik yang profesional harus mampu mengelola pembelajaran secara sistematis dan terkendali, sehingga tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai. tujuan pendidikan jasmani terdiri dari empat ranah yaitu: 

  1. Ranah Jasmani, Pembelajaran jasmani memanfaatkan materi yang didalamnya terdapat berbagai aktivitas jasmani. Saat siswa belajar pendidikan jasmani misalnya belajar permainan bola basket, siswa tersebut berusaha akan saling kejar-mengejar untuk merebut bola dan mencari tempat kosong, sehingga tanpa disadari siswa tersebut telah belajar kekuatan otot tungkai, daya tahan cardio vascular, kelentukan dan kelincahan. 
  2. Ranah psikomotorik, Melalui berbagai aktivitas jasmani yang terdapat dalam pendidikan pendidikan jasmani, membuat siswa semakin termotivasi untuk belajar. Perencanaan dan pemilihan materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga tanpa disadari akan berpengaruh terhadap keterampilan gerak, kelentukan, kecepatan dan lainya dari diri siswa. 
  3. Ranah kognitif, Keberagaman materi yang dimiliki oleh pendidikan jasmani, memberikan kesempatan dan peluang untuk siswa untuk berlatih dan menambah wawasan baru dalam dunia pendidikan. Dengan adanya kesempatan belajar dan bertambahnya wawasan siswa saat belajar pendidikan jasmani, tidak disangka akan berpengaruh terhadap pengetahuan, keterampilan intelektual dan kemampuan intelektual. 
  4. Ranah afektif, Semakin banyaknya waktu dan kesempatan siswa untuk belajar pendidikan jasmani, semakin banyak pula siswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu siswa akan lebih aktif dan mengambil nilai-nilai dari pembelajaran yang telah dilakukan seperti disiplin, tanggung jawab, menghargai diri dan aktualisasi diri.
4 Ranah Tujuan Pendidikan Jasmani